Definisi Matematika :
Lebih lanjut, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Matematika memiliki arti ilmu tentang bilangan, hubungan
antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian
masalah mengenai bilangan. Dari Wikipedia, Matematika berasal dari bahasa
Yunani ‘mathematika’ yang berarti studi tentang besaran, struktur, ruang, dan
perubahan. Kebenaran hubungan konjektur – konjektur baru dari berbagai pola
yang ada dalam matematika dibuktikan atau dibangun dengan pembuktian –
pembuktian matematis melalu aksioma – aksioma dan definisi – definisi
matematika yang bersesuaian. Menurut Roy Hollands
”matematika adalah suatu sistem yang rumit tetapi tersusun sangat baik yang
mempunyai banyak cabang (Roy Hollands. Kamus Matematika, Erlangga :
Jakarta, 1995). Oleh karena itu, mempelajari matematika berbeda dengan
mempelajari ilmu - ilmu lainnya, seperti bahasa, ekonomi, bahkan berbeda dengan
ilmu – ilmu pengetahuan alam.
Ciri utama Matematika adalah penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga kaitan antar konsep atau pernyataan dalam Matematika bersifat konsisten. Namun demikian pembelajaran dan pemahaman konsep dapat diawali secara induktif melalui pengalaman peristiwa nyata atau intuisi. Proses induktif-deduktif dapat digunakan untuk mempelajari konsep Matematika. Kegiatan dapat dimulai dengan beberapa contoh atau fakta yang teramati, membuat daftar sifat yang muncul (sebagai gejala), memperkirakan hasil baru yang diharapkan, yang kemudian dibuktikan secara deduktif. Dengan demikian, cara belajar induktif dan deduktif dapat digunakan dan sama-sama berperan penting dalam mempelajari Matematika. Penerapan cara kerja Matematika diharapkan dapat membentuk sikap kritis, kreatif, jujur dan komunikatif pada siswa.
Cockroft (dalam Uno dan Kuadrat (2010:108)) mengemukakan tentang mengapa matematika diajarkan. Hal ini disebabkan matematika sangat dibutuhkan dan berguna dalam kehidupan sehari-hari, bagi sains, perdagangan dan industri dan karena matematika itu menyediakan suatu daya, alat komunikasi yang singkat dan tidak ambligius serta berfungsi sebagai alat untuk mendeskripsikan dan memprediksi. Jadi matematika adalah suatu ilmu yang merupakan alat pikir untuk memecahkan berbagai persoalan praktis.
Cockroft (dalam Uno dan Kuadrat (2010:108)) mengemukakan tentang mengapa matematika diajarkan. Hal ini disebabkan matematika sangat dibutuhkan dan berguna dalam kehidupan sehari-hari, bagi sains, perdagangan dan industri dan karena matematika itu menyediakan suatu daya, alat komunikasi yang singkat dan tidak ambligius serta berfungsi sebagai alat untuk mendeskripsikan dan memprediksi. Jadi matematika adalah suatu ilmu yang merupakan alat pikir untuk memecahkan berbagai persoalan praktis.
Lebih lanjut mengenai fungsi matematika akan dibahas pada artikel selanjutnya:
klik disini untuk membukanya
No comments:
Post a Comment